Kunci Jawaban Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Media Pintar Kemenag

 

Kompetensi teknis ini dalam pelatihan ini adalah untuk memahami dan mempraktekkan cara penyusunan bahan ajar baik dalam bentuk teks maupun dalam bentuk non teks. 

Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mewadahi proses belajar bersama secara online dan bisa dijangkau oleh semua orang yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Kunci Jawaban Latihan 1 (Konsep Penyusunan Bahan Ajar)

 
1. Di bawah ini merupakan bahan ajar teks, kecuali ...

A. Lembar Kerja Peserta Didik
B. Handout
C. Web Based
D. Modul

2. Segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas ...

A. Materi pelajaran
B. Alat bantu mengajar
C. Bahan ajar
D. Rencana Pembelajaran

3. Manakah yang bukan termasuk komponen bahan ajar?

A. Tujuan pembelajaran
B. Manfaat bahan ajar
C. Materi pembelajaran
D. Jumlah siswa di kelas
 
4. Di bawah ini merupakan tujuan penyusunan bahan ajar, kecuali ...

A. Bahan ajar yang disusun sesuai tuntutan kurikulum dan kebutuhan peserta didik
B. Menggantikan peran guru
C. Membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar
D. Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran

5. Langkah pertama dalam penyusunan bahan ajar adalah ...

A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menilai hasil belajar
C. Membuat evaluasi pembelajaran
D. Menyusun materi pembelajaran
 

6. Mengapa penyusunan bahan ajar penting dalam pendidikan?

A. Memfasilitasi proses belajar mengajar
B. Meningkatkan kreatifitas guru saja
C. Hanya sebagai tugas tambahan
D. Tidak ada manfaatnya

7. Apa peran teknologi dalam penyusunan bahan ajar modern?

A. Memperlambat proses pembelajaran
B. Memudahkan akses informasi
C. Menyulitkan siswa
D. Menggantikan peran guru

8. Apa yang dimaksud dengan bahan ajar teks?

A. Materi tulisan atau teks yang digunakan dalam pembelajaran
B. Alat tulis menulis
C. Bahan makanan
D. Bahan kimia

9.  Apa yang dimaksud dengan penyusunan bahan ajar?

A. Proses merancang dan menyusun bahan ajar
B. Proses menilai hasil belajar
C. Proses menghimpun bahan ajar
D. Proses mengajar langsung

10. Apa manfaat penggunaan media pembelajaran dalam bahan ajar?

A. Meningkatkan keterbatasan akses informasi
B. Hanya bersifat hiasan
C. Menambah beban kerja guru
D. Memudahkan pemahaman konsep

Kunci Jawaban Latihan 2 (Analisis Kebutuhan Bahan Ajar)


1. Mengapa penting melibatkan para pengajar dalam analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Agar pengajar dapat memberikan wawasan tentang kebutuhan siswa dan proses pembelajaran
B. Karena keputusan mengenai bahan ajar sepenuhnya berada di tangan pengembang kurikulum nasional
C. Karena para pengajar hanya berperan sebagai pelaksana, bukan kontributor ide
D. Untuk memastikan bahwa bahan ajar memenuhi harapan pihak sekolah 

2. Apa yang dimaksud dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran dalam konteks analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Menyusun bahan ajar tanpa memperhatikan tujuan
B. Menentukan harga bahan ajar
C. Merumuskan hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran
D. Menggantungkan seluruh proses pembelajaran ada preferensi siswa

3. Apa yang dimaksud dengan analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Penelitian untuk menentukan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran
B. Pengembangan bahan ajar tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa
C. Evaluasi bahan ajar setelah digunakan dalam kelas
D. Proses menentukan jenis bahan ajar yang paling populer

4. Apa yang perlu diperhatikan saat mengidentifikasi kebutuhan siswa dalam analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Faokus hanya pada kemampuan akademis mereka
B. Selalu mengabaikan preferensi siswa
C. Hanya mengandalkan nilai ujian sebagai acuan
D. Memahami gaya belajar siswa dan kebutuhan belajar mereka
 

5. Apa langkah awal dalam melakukan analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Menentukan harga bahan ajar
B. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa
C. Meyusun bahan ajar tanpa penelitian
D. Mengevaluasi efektivitas bahan ajar setelah digunakan

6. Bagaimana langkah-langkah umum dalam melakukan analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Mengembangkan materi tanpa penelitian lebih lanjut
B. Menentukan harga bahan ajar sebelum mengetahui kebutuhan siswa
C. Identifikasi tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa, lalu pilih metode pengajaran
D. Menyusun bahan ajar tanpa memperhatikan perbedaan individu siswa

7. Apa yang dapat menjadi sumber informasi utama dalam melakukan analisis kebutuhan bahan ajar?

A. Pengalaman pribadi pengajar saja
B. Trend terkini dalam industri mode
C. Hasil survei kepuasan siswa tanpa melibatkan guru
D. Kurikulum nasional dan kebijakan sekolah

8. Mengapa penting melakukan analisis kebutuhan bahan ajar sebelum pembuatan materi pembelajaran?

A. Agar bahan ajar dapat memenuhi kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran
B. Untuk mengukur sejauh mana bahan ajar telah berkembang
C. Karena hanya itu cara agar bahan ajar dapat dijual dengan baik
D. Untuk memastikan bahwa bahan ajar sesuai dengan standar nasional

9. Mengapa penting memahami gaya belajar siswa dalam analisis kebutuhan bahan ajar?
 
A. Karena gaya belajar siswa tidak pernah berubah dari waktu ke waktu
B. Untuk menciptakan bahan ajar yang hanya fokus pada efektivitas pembelajaran
C. Karena gaya belajar siswa ridak berpengaruh pada efektivitas pembelajaran
D. Agar bahan ajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi belajar individu
 
10. Apa manfaat melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap bahan ajar setelah digunakan?

A. Evaluasi tidak perlu dilakukan setelah bahan ajar digunakan 
B. Evaluasi hanya penting jika ada keluhan dari siswa
C. Agar bahan ajar dapat terus diperbaiki dan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan siswa
D. Untuk mengetahui apakah bahan ajar memenuhi standar nasional

Kunci Jawaban Latihan 4 (Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non Teks)

 
1.  Setelah kita masuk pada halaman tampilan canva, apa yang harus kita pilih untuk menuju flipbook?

A. Pekerjaan Kelas
B. Aplikasi
C. Template
D. Proyek

2. Apa jenis konten yang dapat dimasukkan ke dalam flipbook?

A. Gambar, teks, dan multimedia
B. Teks saja
C. Hanya audio
D. Hanya gambar statis

3. Format file apa yang umumnya digunakan dalam flipbook digital?

A. JPEG
B. PDF
C. MP4
D. TXT

4. Apa nama aplikasi di canva yang fungsinya untuk membuat desain bahan ajar flipbook?

A. Image upscaler
B. Multingual
C. Heyzine Flipbooks
D. Animeify
 
5.  Apa yang dimaksud dengan "page-turning effect" dalam flipbook?

A. Efek animasi 3D
B. Efek perpindahan halaman seperti buku fisik
C. Efek suara saat halaman berubah
D. Efek memperbesar halaman
 

6. Apa yang dimaksud dengan flipbook?

A. Buku bergambar dengan teknologi flip
B. Sebuah bentuk buku elektronik
C. Alat untuk mencetak buku
D. Penyajian media belajar buku dalam bentuk virtual

7. Apa yang dimaksud dengan "flipping" dalam "flipbook"?
 
A.  Membaca buku dari belakang ke depan
B. Proses membalik halaman secara fisik
C. Menggulung buku ke atas
D. Animasi perpindahan halaman

8. Dalam membuat flipbook atau slideshow desain pada canva, kita bisa menggunakan desain ...

A. Desain yang interaktif
B. Desain ramah lingkungan
C. Desain yang menarik
D. Desain yang sudah ada di proyek pada canva

9. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar flipbook adalah ...

A. Mentimeter
B. Powerpoint
C. Canva
D. TikTok

10. Apa fungsi utama flipbook dalam presentasi digital?
 
A. Menampilkan teks statis
B. Memutar video
C. Mengeluarkan suara
D. Menyajikan animasi pada halaman atas slideshow?
 

Kunci Jawaban Latihan 5 (Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran)


1. Apa fungsi utama dari efek visual dalam komk pembelajaran?

A. Menurunkan kualitas
B. Membingungkan pembaca
C. Hanya untuk keindahan
D. Meningkatkan daya tarik

2. Apa kegunaan menentukan tema pada pembuatan komik pembelajaran?
 
A. Hanya sebagai hiasan
B. Hanya untuk keindahan
C. Mempermudah proses pembuatan
D. Tidak berpengaruh
 
3. Bagaimana cara menyusun panel komik agar alur cerita mudah dipahami?

A. Menaruh teks di setiap panel
B. Tidak perlu urutan khusus
C. Menggunakan warna yang sama
D. Mengatur urutan panel dengan logis

4. Mengapa penting memberikan narasi yang jelas pada setiap panel komik pembelajaran?

5. Langkah apa yang perlu dilakukan setelah membuat storyline?

A. Membuat karakter tokoh
B. Menentukan tema
C. Membuat sketsa tata letak
D. Mengisi balon teks

6. Mengapa penting menyesuaikan warna dominan pada komik pembelajaran?
 
A. Hanya sebagai variasi 
B. Menarik perhatian pembaca
C. Menyesuaikan tren warna
D. Tidak berpengaruh 

7. Apa manfaat menggunakan Canva dalam pembuatan bahan ajar komik?

A. Membutuhkan keahlian desain tinggi
B. Mempermudah proses desain
C. Hanya untuk pemula
D. Tidak ada pilihan template

8. Langkah apa yang perlu dilakukan setelah menentukan tema komik pembelajaran .....

A. Membuat storyline
B. Menutup aplikasi
C. Menambahkan gembor
D. Memilih jenis cat tembok

9. Bagaimana langkah awal dalam membuat bahan ajar komik pembelajaran?

A. Mengumpulkan materi pembelajaran
B. Menentukan tema
C. Membuat sketsa tata letak
D. Menentukan warna kelas

10. Bagaimana cara menambahkan teks pada komik pembelajaran di Canva!

A. Tidak bisa menambahkan teks
B. Hanya dapat menggunakan teks bacaan
C. Menggunakan fitur teks Canva
D. Mengetik langsung pada gambar
 

Kunci Jawaban Latihan 6 (Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia)


1. Keuntungan utama penggunaan hypermedia daam pembuatan bahan ajar adalah .....

A. Interaktivitas dan fleksibilitas
B. Keterbatasan dalam aksesibilitas
C. Keterbatasan kreativitas
D. Penyajian informasi yang linier

2.  Mengapa desain navigasi yang baik sangat penting dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

A. Hanya sebagai hiasan
B. Memastikan pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi
C. Meningkatkan keindahan tampilan 

3. Bagaimana peran multimedia dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?

A. Tidak memberikan dampak signifikan
B. Meningkatkan interaktivitas dan memahamkan konsep
C. Menyediakan variasi warna saja
D. Hanya untuk menambah berat file

4. Apa keuntungan menyematkan asesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?

A. Hanya untuk menghibur pengguna
B. Meningkatkan kreativitas desain
C. Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi
D. Tidak memberikan dampak signifikan

5. Apa yang dimaksud dengan "interaktivitas" dalam konteks hypermedia?

A. Hanya sebagai alat visual
B. Kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan korban
C. Tidak memiliki pengertian khusus
D. Hanya sebagai variasi desain

6. Apa perbedaan utama antara hypertext dan hypermedia?

A. Tidak ada perbedaan antara hypertext dan hypermedia
B. Hypertext tidak mendukung hyperlink, sedangkan hypermedia mendukung
C. Hypertext hanya berisi teks, hypermedia mencakup berbagai jenis media
D. Hypertext hanya dapat diakses secara online, sedangkan hypermedia dapat diakses secara offline

7. Bagaimana cara mengoptimalkan aksesibilitas dalam bahan ajar hypermedia?
 
A. Menambahkan efek visual yang kompleks
B. Hanya sebagai variasi desain
C. Menyediakan teks alternatif untuk media non teks
D. Tidak memperhatikan kebutuhan pengguna berbeda
 
8. Apa yang dimaksud dengan "hyper" dalam konteks hypermedia?

A. Jenis font yang digunakan
B. Menunjukkan proses perpindahan antar media yang tidak linier
C. Hanya sebagai elemen dekoratif
D. Simbol yang digunakan dalam desain

9. Apa yang dimaksud dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?

A. Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi
B. Media dengan warna-warni yang intens
C. Media yang hanya dapat diakses secara offline
D. Media cetak yang menarik perhatian

10. Mengapa penting melakukan uji coba pengguna terhadap bahan ajar hypermedia?

A. Mengidentifikasi masalah navigasi dan pengalaman pengguna
B. Memastikan kualitas visual
C. Memastikan keamanan data
D. Hanya untuk menghabiskan waktu
 
 

0/Post a Comment/Comments