Mengenal Rukun Islam Lima Perkara

 
Sebagaimana kita ketahui, rukun Islam itu ada lima perkara. Setiap orang Muslim wajib menjalankan kelima rukun Islam tersebut tanpa terkecuali.

Adapun kelima rukun Islam tersebut adalah:
  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat; kalimat ini adalah mengakui bahwa tidak ada Tuhan yang wajib kita sembah melainkan Allah, dan juga mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah.
  2. Mengerjakan shalat dalam sehari semalam itu sebanyak lima waktu (shubuh, zhuhur, ashar, maghrib, dan isya).
  3. Mengeluarkan zakat.
  4. Berpuasa di bulan Ramadhan.
  5. Menunaikan ibadah haji ke Mekkah bagi yan mampu.

Sebagai seorang Muslim, sangat penting untuk mengetahui dua kalimat syahadat beserta maknanya. Adapun lafadz dua kalimat syahadat yaitu seperti di bawah ini.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Arti dari kalimat syahadat tersebut, yakni "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku juga bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah."

Jika seorang non Muslim yang membaca dua kalimat syahadat tersebut baik sengaja atau tidak, dan dia membenarkan dengan hati apa yang ia ucapkan tersebut, lalu mengerti juga apa yang ia ucapkan, maka masuklah ia ke dalam agama Islam. Oleh karena, maka wajiblah ia untuk mengerjakan rukun Islam yang lima perkara tersebut.

Baca Juga: Dasar-dasar Mazhab Imam Syafi'i 

Kalimat syahadat ada dua, yaitu:

  1. Syahadat tauhid, yakni menyaksikan ke-Esaan Allah
  2. Syahadat rasul, yakni menyaksikan dan mengakui kerasulan Nabi Muhammad.

Kedua kalimat syahadat ini dibaca beriringan. Orang yang hendak masuk agama Islam, maka wajiblah membawa kalimat syahadat di atas tanpa kecuali.

Pentingnya Kalimat Syahadat

Islam itu adalah agama yang indah. Islam itu berarti tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan ikhlas. 

Orang yang ingin masuk agama Islam, maka harus ikhlas menjalankan perintah agama. Namun, sebelumnya orang tersebut haruslah mengucapkan dua kalimat syahadat (syahadat tauhid dan syhadat rasul).

Kalimat syahadat ini sangat penting dan menentukan sekali masa depan seorang Muslim. Jika orang yang baru masuk agama Islam, sedangkan ia bisu, tapi dalam hatinya sudah beriman, lalu tiba-tiba ajal menjemputnya, maka orang tersebut termasuk ke dalam Islam dan akan memperoleh syafaat-syafaat sesuai agama di hari akhirat nanti.

Menurut keyakinan, Iman dan Islam adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sukar pula untuk kita membedakannya. Kenapa demikian?

Seseorang tidak bisa dikatakan mukmin jika tidak menyerahkan diri dan menjunjung tinggi apa yang diperintahkan Rasulullah. Begitu juga ia tidak akan menyerahkan diri dan menjunjung tinggi jikalau ia tidak memiliki iman. Oleh karena itu, seorang mukmin sudah tentu dia seorang muslim. Dan setiap muslim tentulah orang beriman.

Iman dan Islam itu adalah mengikrarkan dengan lidah tentang keberadaan Allah. Lalu hatinya membenarkan apa yang terucap oleh lidah. Kemudian anggota tubuhnya melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya."


0/Post a Comment/Comments