Lelaki Berjenggot Tebal yang Bodoh

 
Ada sebuah kisah yang telah dituturkan oleh al-Jahizh. 

Suatu hari di Kota Wasit, sebuah kota yang berada di Irak, al-Jahizh pergi ke masjid. Di sana ia menjumpai orang-orang yang sedang berkumpul dan berdiskusi. Tetiba pandangan al-Jahizh tertuju kepada seorang lelaki yang berjenggot tebal dan lebat.

"Aku belum pernah melihat seseorang yang mempunyai jenggot setebal dia," batin al-Jahizh. 
 

Lelaki berjenggot tebal itu berkata kepada rekannya, "Kalau mau masuk surga, ya kamu harus teguh menjalankan sunah Nabi Muhammad."

Temannya itu pun penasaran, lalu bertanya, "Sunah apa itu?"

"Sunah itu yakni mencintai Abu Bakar bin Affan, Utsman al-Faruq, Umar al-Shiddiq, Ali bin Abi Sufyan dan Mu'awiyah bin Abi Syaiban," jawab lelaki berjenggot tebal tersebut dengan sangat percaya diri. 

Jawaban lelaki itu dalam bahasa Arab berbunyi:

حُبُّ أَبُوْ بَكْرٍ بْنِ عَفَّانُ وَعُثْمَانُ الْفَارُوْقُ وَعُمَرُ الصِّدِّيْقُ وَعَلِيُّ بْنُ أَبِيْ سُفْيَانَ وَمُعَاوِيَةُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَانَ

Lelaki berjenggot lebat itu sedang menunjukkan kedunguannya sendiri ternyata. Ucapannya tidak hanya salah secara tata bahasa, tetapi juga salah dalam menyebutkan nama para sahabat senior secara terbalik-balik antara yang satu dengan yang lainnya.

Kalau misalnya hendak diperbaiki secara tata bahasa, maka bunyi ungkapan di atas lebih kurang sebagai berikut

حُبُّ أَبُوْ بَكْرٍ بْنِ عَفَّانَ وَعُثْمَانَ الْفَارُوْقِ وَعُمَرَ الصِّدِّيْقِ وَعَلِيِّ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ وَمُعَاوِيَةَ بْنُ أَبِيْ شَيْبَانَ

Itu hanya sebatas perbaikan dari segi tata bahasanya saja. Belum lagi kesalahan pada nama-nama para sahabat Nabi yang terbalik-balik diucapkannya.
 

Kocaknya, teman yang mendengarkannya itu juga sama bodohnya, ia pun masih terus melanjutkan pertanyaannya, "Mu'awiyah bin Abi Syaiban itu sosok seperti apa?"

"Dia adalah lelaki saleh yang memikul 'Arsy, sekretaris Nabi sekaligus mertua Nabi dari istrinya, Aisyah," jawab lelaki berjenggot tebal itu dengan kepercayaan diri yang tinggi.

0/Post a Comment/Comments